6 Aplikasi VPN Terbaik 2023

6 Aplikasi VPN Terbaik 2023

Aplikasi VPN Terbaik 2023 – Di era yang sarat akan pengawasan online dan pembobolan data, virtual private network atau yang lebih dikenal dengan singkatannya yaitu VPN sudah jadi alat penting bagi siapapun yang terhubung ke internet. Aplikasi VPN dapat melindungi privasi onlinemu, melewati blokir regional dan mengakses konten di internet yang mungkin tidak tersedia di wilayah kamu berada.

Namun tidak sedikit aplikasi VPN yang ada di Play Store maupun App Store. Karena jumlahnya yang sedemikian banyaknya mungkin kamu kewalahan memilih mana aplikasi VPN yang cocok untuk kebutuhanmu.

Karena alasan itulah kami sudah menyusun daftar aplikasi VPN terbaik di tahun 2023. Yuk simak daftarnya supaya kamu bisa lebih mudah memilih VPN yang cocok dengan kebutuhanmu!

Pilihan Aplikasi VPN Terbaik Di Tahun 2023

Private Internet Access (PIA)

Aplikasi VPN Terbaik 2023 - PIA

Sumber: Play Store

Private Internet Access (PIA) adalah aplikasi VPN yang sudah aktif di dunia VPN sejak tahun 2010. Aplikasi ini menawarkan fitur keamanan dan privasi yang mumpuni, salah satunya adalah penggunaan enkripsi AES-256 untuk mengamankan data yang dikirim serta kebijakan tanpa pencatatan arus data (no-logging policy).

PIA memiliki 35.000 server yang tersebar di 78 negara, menjadikannya salah satu penyedia jasa VPN dengan jaringan terbesar. Aplikasi PIA juga menawarkan fitur tombol pemutus (kill switch) koneksi jika hubungan dengan VPN terputus serta memilih aplikasi mana saja yang menggunakan jaringan VPN.

Kelebihan:

  • Jaringan server yang luas
  • Fitur keamanan dan privasi yang ketat
  • Kill switch dan pilihan aplikasi yang terhubung
  • Harga relatif terjangkau

Kekurangan:

  • Kecepatan koneksi lebih lambat di beberapa negara
  • Tampilan pengguna agak membingunkan bagi sebagian pengguna

Download PIA di Play Store (Android)

Download PIA di App Store (iOS)

ExpressVPN

Aplikasi VPN Terbaik 2023 - ExpressVPN

Sumber: Play Store

ExpressVPN merupakan salah satu penyedia jasa VPN yang paling terkenal di pasaran dan bukan tanpa alasan. Aplikasi VPN yang ditawarkan oleh ExpressVPN menawarkan fitur keamanan dan privasi yang istimewa, termasuk enkripsi kelas militer, kebijakan no-logging dan kill switch.

Aplikasi ini juga terhbung ke jaringan server yang luas dan tersebar di lebih dari 90 negara, sehingga kamu tidak akan kehabisan pilihan server yang koneksinya cepat dan aman. Dalam hal kemudahan penggunaan, berbekal tampilan yang intuitif ExpressVPN merupakan salah satu aplikasi VPN favorit karena kemudahan penggunaannya.

Kelebihan:

  • Fitur keamanan dan privasi yang apik
  • Jaringan server luas di lebih dari 90 negara
  • Tampilan ramah pengguna

Kekurangan:

  • Relatif lebih mahal dibandingkan aplikasi sejenis
  • Lebih lambat dibandingkan dengan jasa VPN lainnya untuk sejumlah negara tertentu

Download ExpressVPN di Play Store (Android)

Download ExpressVPN di App Store (iOS)

NordVPN

NordVPN

Sumber: Play Store

Aplikasi VPN dengan rating tinggi lainnya yang masuk ke daftar ini adalah NordVPN. NordVPN menawarkan tingkat keamanan dan privasi yang tinggi berkat penggunaan enkripsi kelas militer, kebijakan no-logging dan kill switch.

Tak mau kalah dibanding aplikasi VPN lainnya, NordVPN memiliki jaringan server yang berada di 60 negara. Berpindah dari satu server ke yang lainnya pun bisa dengan mudah dilakukan, cukup dengan beberapa klik kamu sudah terhubung ke server NordVPN lainnya.

Selain fitur-fitur dasar tersebut, NordVPN juga menawarkan beberapa fitur tambahan lainnya. Fitur tambahan tersebut antara lain Double VPN (VPN ganda) dan Onion over VPN yang menambah lapisan keamanan koneksimu. Fitur Onion over VPN memungkinkan kamu terhubung ke jaringan Onion lewat VPN menggunakan browser yang didesain khusus untuk terhubung ke jaringan tersebut.

Kelebihan:

  • Fitur keamanan tambahan seperti Double VPN dan Onion over VPN
  • Jaringan server di lebih dari 60 negara
  • Kemudahan berpindah server

Kekurangan:

  • Lebih lambat dibanding jasa VPN lainnya di beberapa negara tertentu
  • Keluhan sejumlah pengguna mengenai masalah koneksi

Download NordVPN di Play Store (Android)

Download NordVPN di App Store (iOS)

CyberGhost

CyberGhost

Sumber: Play Store

CyberGhost adalah salah satu pilihan aplikasi VPN yang cocok bagi kamu yang mementingkan kemudahan penggunaan aplikasi. Tentunya tidak berhenti di kemudahaan penggunaan saja, CyberGhost juga menawarkan fitur keamanan yang tidak kalah dengan aplikasi sejenisnya. Fitur keamanan yang ditawarkan antara lain enkripsi kelas militer dan kebijakan no-logging.

CyberGhost juga memiliki jaringan server yang luas di lebih dari 90 negara, memberikan kamu berbagai pilihan server yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur tambahan perlindungan dari malware yang dapat menambah keamananmu saat berselancar di dunia maya.

Kelebihan:

  • Tampilan ramah pengguna
  • Fitur tambahan perlindungan malware
  • Jaringan server di lebih dari 90 negara

Kekurangan:

  • Keluhan sejumlah pengguna mengenai masalah koneksi
  • Lebih lambat dibanding jasa VPN lainnya di beberapa negara tertentu

Download CyberGhost di Play Store (Android)

Download CyberGhost di App Store (iOS)

Surfshark VPN

Surfshark

Sumber: Play Store

Meski tergolong sebagai pemain baru dalam jasa VPN, Surfshark VPN menjadi populer dengan cepat berkat fitur keamanan dan privasi yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Seperti halnya aplikasi VPN yang sudah disebutkan sebelumnya, Surfshark VPN menggunakan enkripsi kelas militer sebagai pengamanan koneksi, tersedianya kill switch dan memiliki kebijakan no-logging.

Dengan jaringan server di lebih dari 60 negara, kamu bisa pindah server dengan mudah agar mendapatkan koneksi tercepat dari tempat dan jaringanmu. Surfshark VPN pun dilengkapi dengan fitur perlindungan malware untuk keamanan onlinemu.

Kelebihan:

  • Kemudahan berpindah server
  • Jaringan server di lebih dari 60 negara
  • Fitur perlindungan malware

Kekurangan:

  • Lebih lambat dibanding jasa VPN lainnya di beberapa negara tertentu
  • Keluhan masalah koneksi dari sejumlah pengguna

Download Surfshark VPN di Play Store (Andorid)

Download Surfshark VPN di App Store (iOS)

IPVanish VPN

IPVanish VPN

Sumber: Play Store

IPVanish VPN merupakan aplikasi VPN populer yang memiliki kelebihan di bagian keamanannya. Selain enkripsi kelas militer dan kebijakan no-logging, fitur keamanan tambahan yang ditawarkan oleh IPVanish VPN adalah tersedianya pilihan untuk terhubung lewat proxy SOCKS5. Dengan proxy SOCKS5 alamat IP dari gadgetmu yang terhubung lewat aplikasi VPN ini akan berubah, sehingga alamat fisikmu tidak mudah terlacak.

Fitur split tunneling berfungsi sebagai pembagi arus data, di mana kamu dapat menenentukan aplikasi mana yang harus terhubung lewat VPN dan mana yang langsung terhubung ke internet. Kedua fitur ini didukung dengan jaringan server IPVanish VPN yang ada di 75 lokasi di seluruh dunia.

Kelebihan:

  • Fitur tambahan split tunneling dan proxy SOCKS5
  • Koneksi cepat
  • Jaringan server di 75 lokasi yang tersebar di dunia

Kekurangan:

  • Tidak ada mode percobaan gratis
  • Keluhan masalah koneksi dari sejumlah pengguna

Download IPVanish VPN di Play Store (Android)

Download IPVanish VPN di App Store (iOS)

Akhir Kata

Itulah 5 aplikasi VPN terbaik yang tersedia di Play Store maupun App store untuk tahun 2023. Masing-masing aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tetapi secara keseluruhan seluruh aplikasi VPN yang ada dalam daftar ini memiliki fitur keamanan dan privasi yang mumpuni.

ExpressVPN dan NordVPN adalah pilihan yang cocok bagi kamu yang mengutamakan keamanan dan sudi merogoh kantong lebih dalam. CyberGhost dan Surfshark memiliki tampilan yang ramah bagi para pengguna pemula serta menawarkan fitur tambahan yang menarik bagi sebagian pengguna.

Di sisi lain, Private Internet Access cocok bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi VPN yang sederhana namun memiliki fitur keamanan dan privasi dasar yang kuat. Seperti halnya ExpressVPN dan NordVPN. IPVanish VPN mungkin menarik untuk para pengguna yang benar-benar mengutamakan keamanan dan kekayaan fitur yang cocok dengan gaya berselancar internet mereka.

Apapun aplikasi VPN yang akan kamu gunakan, dengan menggunakan aplikasi VPN kamu dapat melindungi privasimu serta keamanan dari smartphone yang kamu gunakan.

Check Also

Aplikasi Restorasi Foto Rusak di Android

Jangan biarkan foto lama yang rusak mengambil tempat di galerimu. Dengan aplikasi restorasi foto rusak …