aplikasi-scan-gratis-terbaik-2023

Aplikasi Scan Gratis Terbaik 2023

Aplikasi Scan Gratis – Di era digital kini media cetak semakin jarang kamu jumpai karena tergerus oleh media digital. Ini pun tak terkecuali dokumen dan formulir yang sering kita gunakan untuk kebutuhan di kantor, sekolah ataupun keperluan administasi lainnya.

Tentunya masih banyak juga dokumen berbentuk fisik yang masih kita jumpai dan tidak tersedia dalam bentuk soft copy. Nah, untuk kondisi seperti ini tentunya kamu butuh scanner untuk scan dokumen menjadi soft copy.

Namun scanner yang biasa kita gunakan berukuran besar, terpaku dengan komputer dan tidak portable sehingga membatasi penggunaannya. Namun dengan makin majunya teknologi, kini kamu bahkan sekarang dapat scan d0kumen langsung lewat kamera smartphonemu.

Aplikasi Scan Gratis di Smartphone Rekomendasi

Tidak sedikit aplikasi scan gratis yang tersedia di Play Store maupun App Store. Simak rekomendasi aplikasi scan gratis terbaik di tahun 2023 dari kami berikut ini untuk memandumu memilih aplikasi scan gratis yang cocok buat kamu!

CamScanner

Aplikasi Scan Gratis Terbaik 2023 - CamScanner

CamScanner adalah aplikasi kembangan INTSIG Information Co. Ltd. atau yang lebih dikenal dengan nama CamSoft Information ini sudah didownload lebih dari 100 juta kali di Play Store. Aplikasi scan gratis ini tersedia untuk para pengguna Android dan iOS dan uniknya CamScanner juga tersedia versi Windows dan macOS.

Cara menggunakan aplikasi ini pun terbilang sederhana, kamu cukup memfoto atau memilih gambar dokumen yang ingin kamu scan lewat aplikasi ini. Setelah memfoto atau memilih gambar dokumen, aplikasi ini akan membuat file dalam format PDF atau JPEG/JPG yang kemudian dapat kamu bagikan lewat email atau aplikasi chat pilihanmu. Saat proses scan CamScanner juga akan secara otomatis mengoptimalkan gambar dari dokumen tersebut agar tampak lebih jelas dan bagus.

Selain fitur utama tersebut, lewat apllikasi ini kamu juga dapat mengekstrak teks yang ada di dalam dokumen maupun formulir dengan adanya fitur OCR (Optical Character Recognition). Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah mengambil konten dokumen dalam bentuk teks langsung dan mengubah atau mengganti teks yang ada sesuai kebutuhanmu. Lewat fitur ini juga, dokumen yang kamu scan juga dapat langsung disimpan dalam format DOC untuk Microsoft Word atau XLS untuk Microsoft Excel.

Jika kamu tertarik dengan fiur dari CamScanner, kamu dapat mendownload aplikasinya lewat link ini:

Play Store (Android)

App Store (iOS & macOS)

Microsoft Store (Windows)

Situs CamScanner

Adobe Scan

Aplikasi Scan Gratis Terbaik 2023 - Adobe Scan

Aplikasi scanner gratis yang satu ini adalah besutan Adobe, raksasa di aplikasi bidang seni yang sudah mengembangkan aplikasi-aplikasi terkenal di kategori masing-masing, termasuk aplikasi pembuat brosur dan program edit video. Adobe Scan yang sudah mengantongi lebih dari 2,46 juta ulasan dan didownload lebih dari 100 juta kali ini mengusung beberapa fitur unik yang menjadikannya salah satu aplikasi yang dipercaya para penggunanya.

Hasil scan dokumen lewat aplikasi ini dapat kamu simpan dalam format JPEG maupun PDF. Seperti aplikasi scan pada umumnya, kamu dapat menggunakan fitur OCR untuk mengekstrak teks dari dokumen.

Salah satu fitur unik yang ditawarkan oleh Adobe Scan adalah selain mengubah kecerahan dan kontras hasil scanmu, aplikasi ini juga memberikan kamu opsi untuk menggunakan fitur fill. Dengan fitur ini, kamu dapat membersihkan hasil scan dari coret-coretan, kisut serta kotoran-kotoran lainnya yang mungkin ada di dokumen yang kamu scan.

Tertarik dengan Adobe Scan? Dapatkan segera Adobe Scan lewat link di bawah:

Play Store (Android)

App Store (iOS)

iLovePDF

Aplikasi Scan Gratis Terbaik 2023 - iLovePDF

Bagi kamu yang sering berkutat dengan dokumen digital, tentunya nama iLovePDF sudah tidak asing lagi. Berawal dari situs di mana kamu bisa mengubah PDF menjadi dokumen Office seperti Word dan Excel, kini kamu dapat scan dan mengatur PDF dengan aplikasi scan gratis satu ini.

Lewat aplikasi ini kamu bisa scan dokumen dan langsung menyusun PDF jika dokumen yang kamu scan lebih dari 1 lembar. Selain itu, hasil scan lewat aplikasi ini dapat kamu tambahi dengan catatan atau coretan yang berisi keterangan sehingga kamu tidak akan lupa bagian penting dari dokumen itu.

Dibandingkan dengan aplikasi scan gratis lainnya, iLovePDF punya fitur unik, yaitu  protect dan unlock PDF. Dengan fitur protect PDF, kamu dapat mengunci PDF hasil scanmu dengan password sehingga tidak sembarang orang dapat membuka PDFmu. Lain halnya dengan fitur protect, dengan fitur unlock dari iLovePDF kamu dapat membuka PDF yang terkunci dengan password.

Kurang suka kalau PDFmu dilindungi dengan password? Tidak perlu khawatir, karena kamu juga dapat menambahkan watermark (tanda air) ke PDF hasil scanmu supaya tidak bisa sembarangan diklaim oleh pihak lain. Tidak berhenti di perlindungan PDF saja, dengan aplikasi ini  kamu juga dapat memperbaiki PDF yang datanya corrupt/rusak.

Kalau kamu merasa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini menarik buat kamu, iLovePDF bisa kamu download lewat link di bawah ini:

Play Store (Android)

App Store (iOS)

Situs iLovePDF

SwiftScan

Aplikasi Scan Gratis Terbaik 2023 - SwiftScan

Aplikasi scan gratis terakhir di daftar ini tapi tidak kalah bagusnya adalah SwiftScan yang merupakan besutan Maple Media. Meski banyak fitur yang sama dengan aplikasi sejenis, SwiftScan punya beberapa poin unggulan yang membedakannya dari yang lain.

Dengan SwiftScan, kamu dapat scan dokumen dengan resolusi mulai dari 200 dpi, sehingga hasil scanmu tampak lebih jernih. Hasil scan dari aplikasi ini juga dapat langsung kamu crop agar memudahkanmu merapikan dokumen digitalmu.

Uniknya, lewat SwiftScan kamu juga dapat scan barcode dan QR serta kartu bisnis. Setelah scan, kamu dapat mencari barcode dan kartu bisnis hasil scanmu di katalog yang ada di dalam aplikasi ini.

SwiftScan dapat kamu download di link berikut:

Play Store (Android)

App Store (iOS)

Check Also

Aplikasi Restorasi Foto Rusak di Android

Jangan biarkan foto lama yang rusak mengambil tempat di galerimu. Dengan aplikasi restorasi foto rusak …