aplikasi-pembukuan-usaha-untuk-UMKM

Aplikasi Pembukuan Usaha Untuk UMKM

Aplikasi Pembukuan Usaha – Entah kamu sudah jengah dengan pekerjaanmu dan kamu sudah berencana untuk membuat usaha kecil dengan modal yang sudah kamu kumpulkan, kamu ingin membangun usaha dengan temanmu atau berbagai alasan lainnya, tentunya usahamu harus direncanakan dengan matang terlebih dahulu.

Salah satu bagian penting dari perencanaan itu adalah pengaturan keuangan yang bisa kamu lakukan lewat pembukuan. Pembukuan dapat menentukan lancar tidaknya usahamu, maka kamu perlu melakukan pembukuan dengan rapi dan tepat.

Dengan makin banyaknya pengguna smartphone, makin banyak pula aplikasi yang tersedia untuk memenuhi kebutuhanmu. Salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi pembukuan. Jika dipakai bersama dengan aplikasi kasir, aplikasi pembukuan dapat membantu kamu melakukan pembukuan dari arus kas usahamu dengan mudah, cepat dan aman.

Oleh karena itu, penting untukmu memilih aplikasi pembukuan yang mudah digunakan dan dapat diandalkan. Kami sudah mengumpulkan aplikasi pembukuan usaha terbaik yang bisa kamu gunakan untuk usahamu.

1. BukuKas

BukuKas

Sumber: Play Store

Aplikasi pertama dalam daftar aplikasi pembukuan usaha ini adalah BukuKas yang dikembangkan oleh Beegroup. Aplikasi ini dapat membantumu mencatat arus kas serta merencanakan keuangan dari usahamu.

BukuKas difokuskan untuk UMKM, sehingga cocok bagi kamu yang baru memulai usaha. Berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini bisa membantu usaha kecil untuk menangani kebutuhan umum yang berhubungan dengan keuangan.

Salah satu fitur dari BukuKas adalah manajemen stok. Selain mencatat transaksi penjualan dan belanja usahamu, kamu bisa mengatur stok barangmu yang kemudian tersambung dengan pencatatan transaksi sehingga stok barang dapat otomatis terupdate.

Aplikasi ini juga memudahkan kamu dalam bertransaksi dengan pelangganmu dengan adanya fitur untuk mengirim link pembayaran ke pelanggan. Link ini terhubung dengan rekening bank pilihanmu sehingga pembayaran dapat langsung masuk ke rekening.

BukuKas dapat kamu download di Play Store lewat link ini.

2. BukuWarung

BukuWarung

Sumber: Play Store

Selain BukuKas, aplikasi selanjutnya di daftar aplikasi pembukuan usaha ini adalah BukuWarung. Aplikasi yang sudah didownload oleh lebih dari 5 juta pengguna ini mengusung berbagai fitur yang menarik bagi kamu yang baru memulai usaha apapun.

BukuWarung menawarkan sejumlah fitur menarik, salah satunya adalah penjualan produk digital. Lewat aplikasi ini kamu dapat menjual berbagai produk digital, seperti pulsa, token listrik, top-up dompet digital (GoPay, OVO dll) dan paket data.

Fitur menarik selanjutnya dari BukuKas yaitu pembuatan QRIS. BukuKas dapat menyambungkan rekening bank usahamu lewat QRIS, sehingga pembayaran dari pelangganmu dapat dilakukan lewat rekening bank dan dompet digital.

Jika kamu tertarik dengan BukuWarung, kamu bisa dapatkan aplikasinya di Play Store.

3. QuickBooks

QuickBooks

Sumber: Play Store

Aplikasi pembukuan usaha terakhir, tapi tentunya sama bagusnya, adalah QuickBooks. Aplikasi yang dikembangkan oleh Intuit ini sudah mengantongi rating 4,1 di Play Store dan sudah dipakai lebih dari 5 juta pengguna.

Fitur menarik yang ditawarkan oleh QuickBooks adalah kemampuannya untuk scan bon. Aplikasi akan scan bon dan memasukkannya ke dalam pengeluaran secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu memasukkannya secara manual ke dalam aplikasi.

Selain fungsi dasar dari aplikasi pembukuan usaha, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur menarik bagi usahamu yang melibatkan mobilisasi barang atau orang. Fitur ini adalah perhitungan jarak, di mana kamu dapat mencatat berapa jauh perjalanan yang ditempuh oleh kurir, karyawan atau klienmu dan mendapatkan perhitungan ongkos perjalanan secara otomatis.

Seperti aplikasi sejenisnya, kamu juga bisa mendapatkan rangkuman arus kas dari usahamu. Dari sini kamu dapat menentukan kesehatan keuangan usahamu dan menentukan perencanaan anggaran usahamu selanjutnya.

QuickBooks bisa kamu dapatkan di Play Store melalui link ini.

Check Also

Aplikasi Restorasi Foto Rusak di Android

Jangan biarkan foto lama yang rusak mengambil tempat di galerimu. Dengan aplikasi restorasi foto rusak …